Seminar Keilmuan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama

HUMAS – Bersamaan dengan hari Kartini, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) Univesitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi Mengelar Seminar Keilmuan pada hari Sabtu (21/04/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Kito Resort Hotel, Jl. Serma Ishak Akhmad, Komplek Puri Mayang, Kota Baru – Jambi, diikuti 50 orang yang meliputi  Dosen, dan Staf yang berada di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, yang mengusung tema “ Menuju Tertib Administrasi Akademik Melalui Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Tahun 2018 ”.

Dekan FUSA, Dr. H. Abd. Ghaffar, M.Ag., dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan agar para dosen mampu menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan Kerangka Kualitatif Nasional Indonesia (KKNI).

“ saat ini sistem pembelajaran di Universitas mengharuskan berstandar Kerangka Kualitatif Nasional Indonesia (KKNI), berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), untuk itu para dosen dituntut memahami dan melaksanakan sistem tersebut” ujar Dekan FUSA saat membuka seminar ini.

Dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, yaitu Dr. Muhammad Al Fatih Suryadilaga, M. Ag., dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Jamaluddin, M. Pd.I., dari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Dalam Pemaparannya Muhammad Al Fatih menjelaskan perubahan pembelajaran pada abad ke-21 dan hal-hal apa saja yang harus dirubah, agar tercapai kesuksesan belajar mengajar. Sementara itu pemateri kedua Jamaluddin banyak membicarakan tentang teknis penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berbasis pada ketentuan Kerangka Kualitatif Nasional Indonesia (KKNI). Baik Alfatih maupun Jamaluddin sama-sama menekankan pada perubahan metode pengajaran yang tidak lagi hanya terfokus didalam lokal perkuliahan, akan tetapi dapat memanfaatkan media- media lain, seperti dilapangan terbuka, kunjungan ke lembaga tertentu maupun memanfaatkan fasilitas online seperti youtube, skype maupun website.

Dalam kesempatan ini penetapan kurikulum dengan mengusung perancangan Rencana Pembelajaran Semeter (RPS) yang berdasarkan Kerangka Kualitatif Nasional Indonesia (KKNI) untuk prodi Studi Agama-Aagama,  Pemikiran Politik Islam dan Ilmu Hadits.

Setelah kegiatan seminar ini, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama akan lebih mengoptimalkan penerapan KKNI dan RPS . Semangat pembaharuan yang telah didapatkan selama seminar diharapkan akan menambah wawasan dosen di dalam meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar.