2021 – AHMADIL BADRI

PENAFSIRAN AYAT-AYAT THAHARAH DALAM KITAB TAFSIR AL-MISBAH (STUDI TAFSIR TEMATIK)

AHMADIL BADRI – NIM. UT.131586

Pembimbing I : Drs. H. Abdul Latif, M.Ag.

Pembimbing II : Sajida Putri, M. Hum.

Kata kunci`                  :  Thaharah

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas yang memperhatinkan dan memerlukan perhatian, yaitu banyaknya orang yang menganggap remeh thaharah/bersuci, oleh karena itu banyak sekali penyakit yang menyerang tubuh pada orang-orang yang lalai dalam bersuci dalam setiap perbuatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang suci, oleh karena itu islam mengajarkan wajib thaharah dalam melakukan ibadah maupun thaharah jasmani dan rohani setiap manusia. Hal ini mendorong penulis untuk mengemukakan kembali urgensi manusia dengan thaharah,ayat-ayat thaharah, fungsih thaharah , khususnya dalam konteks pemikiran Quraish shihab.

Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Kepustakaan (Library research). Dengan menjadikan bahan pustaka sebagai data penelitian. Dengan menekankan pada sumber tertulis terutama karya Quraish shihab “fungsi thaharah, pandangan thaharah menurut Quraish shihab, serta penafsiran ayat-ayat thaharah”. penelitian ini menggunakan pengumpulan data dokumenasi, dengan merujuk terlebih dahulu pada kitab Al-Misbah, Al-Qur’an dan Terjemahannya, diteruskan dengan menganalisa terhadap beberapa literatur yang berkaitan dengan pembahasan.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Penafsiran ayat-ayat Thaharah dalam kitab Al-Misbah (Studi Tafsir Tematik) dapat dijadikan pengetahuan mengenai luasnya makna thaharah, pentingnya thaharah dalam kehidupan sehari-hari dan fungsi thaharah dalam kehidupan sehari-hari.